Ajang MotoGP 2020 sudah menuntaskan 11 seri, tinggal tersisa tiga seri balapan kembali yang akan berjalan bulan November kedepan. Dari status klassemen tidak ada pembalap yang dapat ditegaskan jadi juara dunia, Kompetisi masih ketat merebutkan 75 point optimal yang masih ada.

Dengan menyaksikan pada jalannya seri MotoGP 2020 yang sudah berjalan, kelihatannya akan susah ada pembalap yang sanggup hattrick merampas juara seri balapan.

Kesempatan merampas titel juara dunia MotoGP 2020 akan dipastikan oleh stabilitas beberapa pembalap, dan satu yang bisa menjadi aspek khusus dalam penetapan sukses merampas point yang masih ada ialah kepenguasaan pada circuit sebagai ajang balapan.

Seperti kita kenali, tiga seri sisa akan berjalan di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, dengan gelar MotoGP Eropa dan MotoGP Valencia. Selanjutnya, serangkaian balapan MotoGP 2020 akan ditutup pada seri paling akhir MotoGP Portugal di Circuit Internasional Algarve, Portimao.

Saat sebelum membedah siapakah yang bisa menjadi jawara MotoGP 2020, seharusnya kita ulik sedikit siapakah yang akan berkilau di tiga seri sisa, seri ke 12 dan 13 yang akan berjalan di Circuit Ricardo Tormo, bila merujuk di hasil lomba musim kemarin. Fabio Quartararo kelihatannya akan kuasai balapan di Ricardo Tormo ini, musim kemarin Quartararo finis ke-2 ada di belakang. Marc Marquez yang musim kemarin menjalar, tetapi kemenangan Marquez atas. Fabio waktu itu didapat dengan kerja keras cuman beda 1.026 detik, diikuti oleh Miller yang. Sketinggalan 2.409 detik, Dovizioso finis ke-4, sementara. Joan Mir waktu itu sukses finish di status tujuh ketinggalan lebih 10 detik dari Marquez. Jika melihat dari data di atas Quartararo benar-benar diuntungkan oleh factor circuit.

Maverick Vinales terdaftar pernah. Sjadi jawara di circuit ini tetapi hasil itu ditorehkannya pada gelaran 125. CC di 2011 dan gelaran Moto3 di 2013, Rossi pernah menjadi raja pada tahun 2003 dan 2004.

Di MotoGP Valencia 2018 Davizioso yang keluar sebagai juara diikuti oleh Alex Rins di status Runner up. Seterusnya ada Johan Zarco dan Pol Espargaro pembalap yang pernah rasakan tribune di Circuit Ricardo Tormo.