Tahun 2021 tiba dengan penuh keinginan. Tentu saja dengan keinginan besar jika tahun ini menjadi tahun yang lebih bagus dari semua faktor kehidupan dibandingkan tahun 2020 yang penuh turbulensi dan kendala.

Tahun 2021 diinginkan jadi tahun yang bagus untuk pertunjukan olahraga balap jet darat Formulasi 1. Sesudah musim yang ‘aneh’ tetapi penuh narasi hebat di 2020, 2021 diinginkan jadi musim yang hebat yang menarik.

Dengan penyiapan team yang lebih singkat dari umumnya tetapi ada banyak pengubahan yang dibawa pada team dan rider, karena itu musim ini pantas ditunggu.

Saya lewat tulisan ini ingin sampaikan perkiraan saya berkaitan musim 2021 kelak. Semuanya cuman akan memiliki sifat peluang, tidak ada yang tahu apakah yang akan terjadi dengan cara tepat. Namun, saya menyaksikan kemungkinan-kemungkinan kuat banyak hal ini akan terjadi. Berikut perkiraan saya:

  1. Musim paling akhir Hamilton?

Lewis Hamilton sah jadi salah satunya rider jet darat terbaik di dunia sesudah memenangkan titel juara dunia ke-7 musim kemarin, menyamakan rekor yang dipunyai Michael Schumacher.

Walau bagaimanapun, kontrak Hamilton belum diperpanjang dan sesungguhnya usai pada Desember 2020 kemarin. Saya jadi menyaksikan jika ada suatu hal yang mempengaruhi diulurnya ekstensi kontrak atau informasi perpanjangannya tidak juga dikeluarkan: jika ada peluang Hamilton pensiun sesudah ini.

Walau demikian, saya menyaksikan jika ia pasti kembali membalap pada musim 2021, namun saya tidak dapat mendapati argumen kembali untuknya untuk perpanjang kontrak lebih satu tahun. Ia telah pecahkan rekor kemenangan paling banyak, ia telah menyamakan rekor juara dunia paling banyak, dan ia telah ada di team terbaik di dunia. Ingin apalagi yang ia mencari?

Kemungkinan membalap itu ibarat hoby, seperti bagaimana Sebastian Vettel yang menampik pensiun dari F1 walau telah juara dunia 4 kali. Satau seperti Valentino Rossi yang telah menjadi legenda di MotoGP. Stetapi ada beberapa hal yang lain membuat ia bisa pensiun dari F1. Syaitu ketidaksamaan F1 dengan nilai-nilai sosial yang diyakininya, khususnya dampak F1 pada lingkungan.

Saga karier Lewis Hamilton pantas dibaca seterusnya. Kita awasi apa ia akan tinggal dan jadi yang paling menguasai selama hidup. Satau ia pilih mengakhiri. Sgairah titelnya dan mundur diakhSir musim 2021 kelak.