Musim balap MotoGP 2020 akan selekasnya usai. Sisa 3 seri kembali yang perlu dijalani beberapa rider untuk kukuhkan diri sebagai juara dunia atau gelar yang lain yang berada di negara asia.

Salah satunya gelar yang pantas ditunggukan di gelaran ini ialah ‘rookie of the year’. Pada tiga musim paling akhir (2017-2019), gelar rider kiprahan terbaik disikat oleh tiga rider dari team satelit Yamaha (2) dan Honda (1).

Rider kiprahan terbaik pada 2017 ialah Johann Zarco. Ia mentas dari Moto2 sebagai juara dunia 2x berturut-turut. Perolehan pada musim pertamanya di MotoGP, membuat jadi rider berprospek periode panjang untuk Yamaha.

Tetapi, saat team Tech3 pisah dengan Yamaha, Zarco harus juga pisah dengan motor YZR-M1. Rider asal Prancis itu pilih bela KTM Faktory pada 2019.

Sesudah Zarco, ada rider MarcVDS Honda yang menyikat gelar rider kiprahan terbaik, yakni Franco Morbidelli. Rider Italia itu sukses menaklukkan beberapa pesaing sama-sama kiprahan, walau dengan kerja keras.

Sedang pada zaman baru Yamaha bersama Petronas SRT, gelar rider kiprahan terbaik direngkuh oleh Fabio Quartararo. Gelar ini menjadi cindera mata untuk Yamaha.

Karena, dengan kesuksesan itu, Yamaha bisa membesarkan hati motornya sebagai motor yang paling ramah dengan rider kiprahan. Disamping itu, mereka mempunyai kesempatan untuk melakukan investasi dengan rider kiprahan.

Dua hal tersebut cukup susah dilaksanakan oleh pesaing intinya, Honda dan Ducati. Honda condong main aman dalam menggandeng rider.

Mereka sama ambil rider yang telah eksper di MotoGP. Ini makin kuat saat kerja sama di antara Honda dengan MarcVDS usai, hingga cuman tersisa dua team pemakai motor RC213V.

Sedikit berlainan pada Ducati yang awalannya kuasai banyak slot team balap di MotoGP. Itu membuat mereka bisa menggandeng rider kiprahan.

Cuman, motor mereka masih susah untuk dikalahkan. Bahkan juga, ada satu peristiwa di mana dua rider di team satelit Ducati berkompetisi seru untuk merebutkan porsi motor detail pabrikasi. Maknanya, kompetisi yang dibuat Ducati terutamanya untuk rider kiprahan termasuk cakupan intern dibanding external.