Balapan MotoGP keduabelas dari 14 seri yang dipersiapkan sudah habis pada Minggu, 8 November 2020. Berada di circuit Valencia yang diganti namanya jadi MotoGP Eropa, rupanya berjalan pada keadaan bagus, yakni balapan kering.

Bila mengikut semua sesion saat sebelum balapan, pasti kita ketahui jika beberapa sesion dinaungi cuaca kurang aman, yakni hujan. Itu terjadi di sesion kwalifikasi yang membuat semua rider tidak memicu motornya dengan kecepatan yang bagus sama dalam free practice ke-2 .

Hasil kwalifikasi tempatkan Pol Espargaro sebagai pengisi start paling depan (pole position), dituruti Alex Rins, Takaaki Nakagami, Johann Zarco, Joan Mir, dan Jack Miller. Maknanya, ada dua rider Suzuki start di dua baris paling depan.

Itu nampak bagus, karena ke-2 nya sedang memiliki kesempatan jadi juara dunia. Terutamanya, Joan Mir yang mempunyai kesempatan semakin besar sekalian sedang dengan status sebagai pimpinan klassemen sebentar.

Balapan diawali, dan ada salah satunya panorama unik, yakni ada rider yang perlu memulai balapan dari pitlane, yakni Maverick Vinales. Dia memperoleh penalti karena memakai mesin keenam dari 5 porsi mesin yang diputuskan.

Tetapi, konsentrasi beberapa pemirsa lebih tertuju pada beberapa rider yang berebutan status paling depan. Pol dan Alex Rins berusaha keras pimpin balapan. Tapi, Rins nampak cepat menyetel dengan temperatur ban dibanding Pol yang memakai ban depan Hard–belakang Media.

Berlainan dengan Alex Rins yang memakai ban gabungan Medium-Medium. Itu dipakai oleh Joan Mir.

Menyaksikan opsi bannya yang serupa, tampil prediksi jika duet Suzuki ini akan selekasnya kabur, alias membuat jarak dengan rider ada berada di belakangnya. Hal tersebut cukup nampak dari bagaimana Rins nampak susah ditemukan celahnya oleh Pol.

Berlainan dengan Mir yang awalannya harus bertanding dengan Miguel Oliveira dan Pol Espargaro. Pada akhirnya, nama paling akhir sukses disalip oleh Mir.

Saat semacam itu, mulai tertebak jika duet Suzuki akan susah dikejar. Jarak juga sempat pernah melebar di antara Mir dengan Pol yang sempat pernah dipepet oleh sama-sama rider KTM, Oliveira.

Konsentrasi juga makin ke arah episode pemburuan Mir pada Rins. Status 1-2 Suzuki itu benar-benar memberikan keuntungan, terutamanya untuk Mir yang berusaha cari kemenangan pertama atau minimal menghindari jarak dengan kompetitor paling dekatnya, Fabio Quartararo.