Joan Mir semakin kokoh di pimpinan klassemen sementara sesudah memenangkan MotoGP seri Valencia ini hari. Joan Mir sukses mempecundangi rekanan teamnya sendiri, Alex Rins, yang perlu senang berdiri dipodium dua. Pol Espargaro yang mengawali balapan dari status pole, lengkapi di tribune tiga.

Seri Valencia benar-benar berjalan penuh surprise. Fabio Quartararo yang usaha mendapatkan hasil baik untuk masih berkompetisi merampas titel juara dunia, tersuruk ke gravel dan cuman sanggup finish ke 14. Morbidelli tidak dapat banyak berbuat.

Hasil tambah jelek dicapai pembalap Yamaha MotoGP. Vinales harus mengawali balapan dari pitlane karena memakai mesin tambahan, sementara Valentino Rossi yang telah pulih dari Covid-19 dan dapat balapan kembali, motornya berhenti dan harus keluar dari seri Valencia tanpa point.

Sebenernya pembalap Honda ada juga yang sial. Alex Marquez jatuh dan tidak berhasil raih point. Begitupun dengan Cal Crutchlow. Untungnya Takaaki Nakagami selamatkan muka Honda dengan raih status 4. Stefan Bradl lengkapi dengan finish di status duabelas.

Joan Mir gagah (dok.motogp.com) Jalannya Balapan

Seri Valencia berjalan 27 lap. Pol Espargaro lakukan start prima dan pimpin balapan. Rins di urutan ke-2 dan Mir lalui Nakagami buat status 3. Masuk kelokan 8, Quartararo sliding dan terbawa ke gravel. Team Petronas shock. Quartararo kembali ke track dan balapan di nomor paling buntut.

Lap ke-2 , gampang saja Rins lalui Pol buat status 1. Rins pimpin balapan saat ini. Rins tulis fastest lap 1:32:603. Lap ke-4, Mir lalui Pol buat urutan ke-2. Di lap ini, motor Rossi berhenti dan mau tak mau out dari balapan. Bagnaia jatuh dan out dari balapan. Tidak lama, Cal Cruthclow ikut-ikutan jatuh dan out.

Rins tidak dapat disepelekan (dok.motogp.com) Lap ke-8, Rins head to head dengan Mir berebutan status 1. Tetapi Rins masih tutup sela. Hebat three sekarang ini ialah Rins, Mir dan Pol Espargaro. By the way, Rins dan Mir sama memakai ban media untuk ban depan dan belakang. Sementara Pol memakai hard dan media.