Balapan Formulasi 1 yang berjalan di Bahrain pada Minggu, 29 November 2020, demikian mengguncang hati keluarga, official, dan warga yang melihatnya dari balik monitor TV. Pembalap team HAAS, Romain Grosjean, alami kecelakan luar biasa di kelokan 3 yang mengakibatkan mobil terbelah dua dan membakar semua tubuh mobil.

Kecelakaan itu berawal saat ban kanan belakang Grosjean yang berputar-putar cepat sekali di trek sabung ayam terpercaya bersinggungan dengan ban kiri depan pembalap AlphaTauri, Daniil Kvyat ada berada di belakangnya.

Mobil Grosjean oleng keluar trek dengan kecepatan tinggi saat sebelum menghajar keras dinding pemisah sampai terbelah dan tembus material pemisah. Saat itu, kobaran api membakar mobil dan membuat sesion balapan disetop beberapa waktu.

Sukurlah, pembalap asal Prancis itu sukses keluar dari dalam kokpit, melompati pemisah itu untuk keluar dari kobaran api ditolong team klinis dan petugas keamanan yang bergerak cepat saat kecelakaan itu terjadi.

Sesudah kejadian itu, Grosjean disampaikan alami cedera bakar kecil pada bagian tangan dan pergelangan kaki. Dia pada akhirnya dibawa ke rumah sakit di tempat. Hasil sinar-X memperlihatkan, ia tidak alami patah tulang dalam kecelakaan itu.

FIA F1 Race Director Michael Masi menerangkan proses interograsi awalnya sudah berjalan sepanjang. Sbalapan dengan kumpulkan semua data yang ada terhitung video rekaman beberapa detik kecelakaan.

Keselamatan pembalap jadi fokus utama FIA sepanjang tahun, khususnya sesudah kecelakaan fatal. Spembalap team F1 Marussia, Jules Bianchi di GP Jepang pada 2014 lalu yang. Smengakibatkan dianya koma sampai wafat sembilan bulan setelah itu. FIA selanjutnya keluarkan peraturan yang mengharuskan team menempatkan feature halo pada bagian kokpit semenjak musim 2018.

Halo berikut yang dipandang jadi factor paling besar yang menolong Grosjean selamat dari luka kronis karena pukulan keras dinding pemisah.

Bila halo sukses selamatkan Grosjean dari bentrokan material keras, bagaimana dengan kobaran. Sapi yang menjerat ia sepanjang lebih kurang 28 detik berdasar laporan yang digabungkan SkySports?

Pertanyaan ini muncul di pikiran saya sepanjang melihat kelanjutan balapan. Ada keinginantahuan sekalian rasa khawatir. Walau Grosjean selamat, semangat beberapa pembalap dan fans mungkin sedikit melembek sesudah kejadian itu. Sapa lagi sesudah sesion balapan diteruskan, kejadian ke-2 terjadi: mobil. Lance Stroll terguling karena bertubrukan dengan Daniil Kvyat, pembalap yang serupa dalam mengakibatkan kecelakaan Grosjean.