Sesudah harap harap kuatir dengan kejelasan Mandalika di MotoGP 2021, sekarang kita dapat bernapas lega. Karena, Circuit Mandalika sah masuk kalender gelaran balap World Superbike (WSBK) 2021.

Pas 30 November 2020, berita itu di-launching oleh WSBK dan jadi berita gembira untuk mesin slot terpercaya khalayak Indonesia. Minimal ada keinginan riil untuk menyaksikan circuit Mandalika memang dibereskan selekasnya pada 2021, dan mempunyai jadwal yang jelas pada tahun yang serupa.

Karena, bila circuit ini tidak menjumpai kejelasan, bisa penuntasan pembangunannya akan diundur. Tapi, karena mendapatkan porsi sah, karena itu faksi penanggungjawab pembangunan circuit itu tentu mempunyai dorongan semakin besar untuk menyelesaikannya on time.

Agenda sementara WSBK 2021. Gambar: Twitter/WorldSBK Bila mengarah pada tanggalnya, 12-14 November 2021, karena itu kita mengharap circuit Mandalika telah sah dibuka minimum sebulan awalnya. Tetapi, akan jadi lebih bagus bila 2 bulan awalnya telah sah dibuka.

Itu akan buka keinginan, jika Mandalika dapat juga melangsungkan balapan yang lain pada tahun 2021, yakni MotoGP. Tetapi, bagaimana bila tidak?

Semestinya, warga Indonesia tidak berkecil hati andaikan Mandalika batal berperan serta di MotoGP 2021. Karena, bila dilihat pada riwayat balapan di Indonesia dan terkait pada Dorna dan FIM, karena itu kita perlu menyaksikan satu bukti penting.

Bukti itu ialah mengenai keterikatan Indonesia dengan WSBK yang penting. Harus dipahami kembali, jika WSBK pernah melangsungkan balapan di Indonesia. Persisnya, pada periode waktu 1994-1997.

Balapan WSBK 1997 di Sentul, Indonesia. Gambar: Worldsbk.com
GP500 1997 ada Mick Doohan dan rider legenda yang lain di Sentul. Gambar: Speedweek lewat Bola.com Waktu itu balapan diadakan di circuit legendaris Indonesia, Circuit Internasional Sentul, yang berada di Bogor, Propinsi Jawa Barat. Sesudah sukses dengan WSBK, MotoGP yang waktu itu disebutkan GP500 baru diadakan pada 1996-1997.

Maknanya, MotoGP akan punyai kekuatan untuk diadakan dalam suatu circuit. Ssesudah circuit itu mempunyai keberhasilan dalam melangsungkan gelaran balap lain, terutamanya WSBK. Ini bukan hanya terjadi pada Indonesia, tetapi banyak negara yang ingin turut serta di gelaran balap motor paling berprestise itu.