Balapan MotoGP seri Aragon ini hari aslik hebat sekali. Alex Rins menjadi juara seri MotoGP yang berjalan di Spanyol ini hari. Senangnya Suzuki jadi berlipat karena Joan Mir naik tribune. Suzuki memang menggila ini hari, tetapi Man of The Race ini hari ialah Alex Marquez. Mengawali balapan dari status 11, Alex Marquez raih tribune dua.

Yamaha yang mendominasi sesion kwalifikasi, cuman sanggup jadi pemirsa pertempuran Honda dan Suzuki. Karena Valentino Rossi mangkir balapan sesudah positif COvid-19, Maverick Vinales berusaha sendirian buat Yamaha MotoGP. Vinales finish ke-4.

Yamaha Petronas SRT tidak lebih bagus dari Yamaha MotoGP. Franco Morbidelli finish ke enam dan Fabio Quartararo justru finish ke 18. Hasil yang paling buruk ini membuat Quartararo tergusur dari pimpinan klassemen sementara MotoGP 2020. Joan Mir jadi pemuncaknya saat ini. Tetapi Mir harus siaga karena jarak pointnya dengan Quartararo tertaut 6 point saja.

all spanish pembalap di tribune (dok.motogp.com) Tetapi separahnya Yamaha, Ducati lebih kronis justru. Andrea Dovizioso finish ke-7 , tetapi jarak dengan Alex Rins benar-benar jauh, 8.639 detik. Pada sesion kwalifikasi justru semua pembalap Ducati harus masuk di Q1. Danilo Petrucci pada akhirnya selamatkan muka Ducati dengan maju ke Q2.

Lolosnya Petrucci membuat temperatur di garasi Ducati panas. Andrea Dovizioso geram sampai membanting gloves nya karena memandang Petrucci “nakal”.

Petrucci bela diri dengan ngomong jika dia cuman memakai semua peluang yang dia punyai untuk memperoleh hasil yang bagus. Petrucci dan Dovizioso musim depan pisah dengan Ducati.

Jalannya Balapan

Balapan dimundurkan sejam karena track temperaturnya masih rendah. Morbidelli memulai balapan yang sejumlah 23 lap ini dengan start prima. Tetapi dia melebar di tengah lap pertama dan Vinales menyikat di depan. Alex Rins yang mengawali balapan dari status 10 ngebut sampai ke status 4. Hebat 4 sekarang ini ialah Vinales, Quartararo, Morbidelli dan Alex Rins.

Lap ke-4 Rins lalui Morbidelli buat status 3. Quartararo tulis fastest lap 1:48:606. Pecco Bagnaia jatuh dan out dari balapan. Vinales mempimpin balapan tertaut 0,724 detik dari Quartararo. Lap ke enam Alex Marquez lalui Miller buat status 6.