Saat kecelakaan maut yang mengantarkan Marc Marquez ke meja operasi dan pemulihan yang lumayan lama, Fabio Quartararo atas nama Perancis dirumorkan akan terima tongkat estafet kemasyhuran Spanyol di MotoGP sepanjang satu dasawarsa paling akhir.

Tetapi perform Quartararo yang tidak stabil membuat perebutan persaingan titel juara makin ketat. Brad Binder, Andrea Dovizioso, Miguel Oliviera, Franco Morbidelli, Maverick Vinales, Danilo Petrucci dan Alex Rins dikatakan sebagai kompetitor khusus Fabio Quartararo karena pernah memenangkan balapan pada musim ini.

Tetapi, terkini, saat sebelum seri kesepuluh MotoGP yang diselenggarakan di Aragon pada tanggal 18 Oktober 2020, cukup banyak orang mulai mengulas nama Joan Mir sebagai salah satunya calon juara dunia MotoGP tahun ini.

Bermula dari tragedi membuat malu Valentino Rossi di San Marino dan merampas tribune tiga. Pria berkebangsaan Spanyol ini menjaga performnya pada dua balapan selanjutnya dengan cetak hattrick tribune, prestasi monumental untuk pembalap Suzuki semenjak tahun 2000.

Selanjutnya pada seri kesepuluh MotoGP Aragon tempo hari, dia kembali mencatat namanya di tribune tiga dan geser status Fabio Quartararo dari puncak klassemen sementara MotoGP 2020. Prestasi ini adalah prestasi monumental untuk Suzuki karena baru terulang lagi sesudah 20 tahun.

Klassemen MotoGP 2020 selesai balapan MotoGP Aragon, Joan Mir paling atas. Photo: dok.internet lewat detik.com

20 tahun lalu, persisnya di tahun 2000, Kenny Roberts Jr, seorang pembalap asal. Amerika Serikat yang dikontrak Suzuki GSV-R sepanjang 6 tahun dari tahun 1999 s/d tahun 2005, jadi simbol Suzuki.

Pembalap yang sukses memutus rekor Honda memenangkan kejuaraan sepanjang enam tahun. Sberturut-turut adalah pembalap Suzuki paling akhir yang cetak. Shattrick tribune pada balapan ke-2 , ke-3 dan ke-4. Di Malaysia dan Spanyol dia raih tribune 1 dan Jepang tribune 2. Dia jadi pembalap Suzuki paling akhir yang menempati posisi teratas klassemen sementara MotoGP.

Di tahun 2001 s/d 2019, sepanjang 20 tahun berjalan, Suzuki betul-betul menderita dan jatuh karisma. Bahkan juga hampir terdepak dari kompetisi MotoGP. Baru MotoGP 2020, Joan Mir tampil sebagai salah satunya calon juara dunia sesudah mengulang-ulang prestasi seniornya Kenny Roberts Jr.