Valentino Rossi siapa tidak mengenal dengan figur rider yang ini. “The Doctor”, demikian julukannya adalah salah satunya ikon rider dalam riwayat MotoGP. Kemampuan yang paling mempuni, prestasi yang keren, hubungan emosional dengan beberapa penggemar, dan ada banyak kembali aspek yang lain yang membuat dia benar-benar dikenali.

Rossi sendiri sudah mengawali karier balap di gelaran Grand Prix semenjak umur 17 tahun lewat agen bola online terpercaya gelaran GP 125cc di tahun 1996 kemarin. Dan titel juara dunia pertama kalinya dia capai di tahun 1997. Tahun 2000, dia sukses naik kelas untuk bersaing di gelaran MotoGP yang saat itu tetap berformat GP500 bersama team Nastro Azzuro Honda.

Walau dengan status pendatang baru, The Doctor sanggup raih hasil yang paling cemerlang. Dia sanggup raih 2x kemenangan dan tempati status runner-up klassemen akhir kejuaraan. Benar-benar mengagumkan kan? Selanjutnya dalam waktu 5 tahun beruntun, dia sukses jadi juara dunia bersama pabrikasi Honda dan Yamaha.

Walau sempat pernah kehilangan gelar di tahun 2006 dan 2007, Rossi sanggup kembalikan kesaktiannya yang raib di tahun 2008 dan 2009. Sayang sampai sekarang dia belum sanggup kembali raih gelar dunia. Keseluruhan Rossi telah mengepak 7 kali juara dunia dengan 89 kemenangan dan 199 tribune. Dia aktif berkarier di MotoGP sampai musim 2020 ini, sekalian membuatnya sebagai rider paling tua di starting grid.

Berbicara Valentino Rossi tentu berbicara mengenai MotoGP. Karena perolehannya tidak disangsikan kembali. Walau demikian perolehan dan prestasi seorang Rossi tidak cuma di atas kuda besi saja. Kesempatan ini kami akan mengulas 5 prestasi Rossi yang sukses dia ukir di sejumlah gelaran balap dunia…

  1. Formulasi One

tmcblog.com

Formulasi 1 adalah salah satunya gelaran balap prestise di dunia dari segmentasi mobil atau roda empat. Balapan ini sudah diawali semenjak tahun 1950-an. Sepanjang itu juga deretanan nama rider besar turut berperan serta dalam gelaran balap ini. Sebutlah saja Juan Manuel Fangio, Niki Lauda, Mario Andretti, Ayrton Senna, Michael Schumacher, sampai Lewis Hamilton.

Tidak bermain-main banyak pabrikasi dunia turut beradu gengsi untuk memperlihatkan siapakah yang terbaik di balapan Formula1 dan Ferrari ialah team dan pabrikasi yang tersukses dengan mengepak 14 kali juara dunia.

Tetapi tahukah kamu jika Formulasi 1 adalah gelaran balap yang pernah dicoba Valentino Rossi? Semuanya terjadi pada periode waktu 2004-2006. Waktu itu Rossi turun dalam sesion eksperimen yang dituruti oleh rider F1 lainnya. Hasilnya juga tidak jelek bahkan juga The Doctor sempat pernah tempati status 15 besar.