Pertandingan balap MotoGP 2020 yang berjalan di circuit Ricardo Tomo, Valencia sudah usai. Laga yang berjalan Minggu 15 November 2020 jam 20.00 Waktu Indonesia Barat ini pada akhirnya pastikan Joan Mir dari team Suzuki menjadi juara dunia MotoGP 2020 walau masihlah ada satu pertandingan kembali di Portugis pekan kedepan.

Joan Mir umggul 37 point di atas runner up klassemen sementara dengzn keseluruhan sementara 162 point karena 7x naik tribune, hingga ditegaskan tidak tersusul kembali dan sukses amankan gekarnya. Pada MotoGP 2020 Valencia, Mir yang start pada grid 12 cuman masuk finis pada posisi ke tujuh.

Ini hari yang sukses baik tribune sebagai juara MotoGP 2020 Valencia ialah Morbidelli yang start dari grid 1 karena memenangkan set kwalifikasi Sabtu 14 November 2020.

Quartararo yang perlu start dari grid 11 alami tubrukan hingga tidak berhasil masuk finis. Walau masih menempati runner up klassemen sementara dengan 125 point, pointnya ketinggalan jauh dari Joan Mir. Bahkan juga keseluruhan pointnya sukses disetarakan oleh A. Rins dari team Yamaha yang ini hari masuk finis pada posisi keempat.

Ini hari yang naik tribune mengikuti Morbidelli dati team Yamaha ialah Miller dari team Ducati yang start dari grid 2 dan sukses masuk finis pada posisi ke-2 dan P. Espargaro dari team KTM yang masuk finis pada posisi ke-3 .

Selanjutnya beruntun masuk finis pada posisi ke 5 Binder dari team KTM, posisi 6 Oliveira dari team KTM, posisi 8 A. Dovizioso dari team Ducati, posisi 9 A. Espargaro dari team Aprilia dan posisi 10 Vinales dari team Yamaha.

Legendaris Valentino Rossi yang start pada grid 16 masih terseok di baris belakang walau kesempatan ini sukses masuk finis cuman pada posisi ke 12 dan cuman mempunyai 58 point pada klassemen sementara posisi ke 15. Pada MotoGP 2020 Valencia, kecuali Quartararo yang tidak berhasil masuk finis ialah Zarco dan Nakagami.

Klassemen sementara posisi 4 ditempati oleh Vinsles dengan 121 point, posisi 5 Morbidelli dengan 117 point dan Dovizioso pada posisi 6 dengan 117 point.