Dengan bertokolnya Joan Mir di pucuk klassemen Motogp setelah ajang GP Teruel yang berjalan di circuit Motorland Aragon 25 Oktober tempo hari, mengisyaratkan untuk pertamanya kali rider Suzuki tempati pucuk klassemen semenjak Kenny Roberts jr 20 tahun lalu.

Perolehan ini benar-benar mengagumkan terlebih jika ingat begitu kesusahannya Suzuki untuk bersaing di zaman Motogp 4 tidak yang telah berjalan semenjak musim 2002 ini. Karena hal tersebut pasti tidak ada kelirunya jika kita menyaksikan apa yang terjadi 20 tahun lalu saat akhir kali rider Suzuki jadi juara dunia.

Janji Kenny Roberts

Saat itu kelas Motogp masih dikenali dengan panggilan GP500 dan masih memakai tipe mesin 2 tidak dengan kubikasi 500cc. Motor GP500 dikenali dengan panggilan motor setan karena torsinya yang paling garang, torsi garang ini jadi tidak terprediksi dan tidak teratasi karena karakter mesin 2 tidak yang tidak linear hingga beberapa pembalap pada waktu itu benar-benar susah untuk rasakan peralihan tenaga mesin ke roda belakang, ditambah dengan teknolgi ban dan rem yang masih belum sebaik saat ini pada saat itu membuat beberapa rider berguguran satu-satu saat coba menaklukan motor setan GP500 ini.

Pada periode GP500 2 tidak ini rider Amerika bisa dengan gampang memimpin jalannya persaingan. Skarena sistem latihan dirt trek mereka yang secara efisien latih beberapa. Spembalap agar bisa mengatur torsi motor setan mereka itu secara baik.

Tetapi sejak kemenangan Kevin Schwantz di tahun 1993 tidak ada rider Amerika yang lain menjadi juara di GP500. Pada masa 1994-1998 ajang GP500 demikian dikuasai oleh rider Australia Mick Doohan di atas Honda NSR500 kepunyaannya.

Kevin Schwantz, rider Amerika paling akhir yang sanggup jadi juara dunia saat sebelum Roberts. Sumber Gambar: Wikipedia.org

Karena itu kejuaran dunia masuk di musim 1999, Mick Doohan diminta untuk pensiun oleh kecelakaan. Sluar biasanya pada seri Spanyol di circuit Jerez. Persaingan perebutan juara dunia juga jadi bagus sekali karena si juara bertahan tidak menjaga titelnya. Sbeberapa rider yang lain sejauh ini ter-overshadow oleh supremasi Doohan juga tampil dan berkilau merebutkan gelar pada musim 1999 ini.