Tanggal 7 November lalu Dorna sebagai pelaksana MotoGP, melaunching kalender sementara MotoGP 2021. Ada 19 seri dan 1 seri yang belum ditetapkan, yang masuk ke kalender sementara MotoGP 2021.

Sayang Circuit Mandalika Indonesia tidak masuk ke kalender sementara MotoGP tahun depannya. Status circuit Mandalika ialah cadangan berkompetisi dengan circuit Algarve Portugal dan Igora Drive Sirkuit Rusia.

Seri pertama MotoGP 2021 akan berjalan tanggal 28 Maret 2021 di Qatar, masih dengan balapan malamnya. Seri Thailand kembali tergabung dengan seri Asia yakni 10 Oktober

Ada seri baru di 2021 yakni seri Finlandia, tetapi tetap ada catatan dari Dorna. Finlandia baru dapat ditegaskan masuk kalender 2021 bila bisa lolos homologasi dari Dorna. Homologasi ialah lisensi khusus circuit MotoGP. Secara singkat, sebuah circuit harus penuhi standard circuit yang diputuskan Dorna.

Sesudah seri Finlandia, ada 1 seri yang masih belum ditetapkan oleh Dorna akan diselenggarakan di mana dan tanggal berapakah. Seri ini akan berjalan saat sebelum seri Austria tanggal 15 Agustus. Kelihatannya status kosong ini dihuni oleh Republik Ceko yang masih belum memberi kesediaannya untuk melangsungkan MotoGP 2021.

Kalender sementara MotoGP 2021 (dok.motogp.com) Dengan belum juga terangnya Ceko dan Finlandia yang menanti tes homologasi, ada 2 seri yang diperebutkan. Tetapi sepertinya sik kecil kemungkinan yaaaa Finlandia tidak lolos homologasi wong tes ride sudah diadain di situ. Jika Finlandia bisa lolos tes homologasi karena itu sisa 1 tempat kembali, itu juga kalau Ceko mundur dari ajang MotoGP 2021.

Menarik ada 3 negara yang berebutan paket seri MotoGP 2021. Portugal memang sudah niat melangsungkan balapan MotoGP dan tentu saja Indonesia.

Pendatang baru yang mendadak tampil ialah Rusia. Igora Drive Sirkuit ialah circuit hasil perancangan Hermann Tilke yang sah dibuka tahun 2019. Punyai kemampuan 50 ribu pemirsa, circuit ini mempunyai panjang 4.086 km dengan 16 kelokan.

Dengan Rusia dan Portugal melekat ketat Indonesia di pemburuan seri MotoGP 2021, bagaimana sich peluang Indonesia buat melangsungkan acara besar Internasional ini?